PAKAN LELE APUNG ALA HCS

HP/SMS : 0815 9948 806
Order Via Tokopedia Klik di sini

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat pelet apung untuk ternak lele, baik untuk jenis lele dumbo atau lele sangkuriang ataupun jenis lele lainnya. Perlu kami tekankan bahwa untuk pembuatan pupuk ataupun pakan ternak khususnya ikan rata-rata menggunakan fases domba atau kambing yang sudah di beri pakan fermentasi ala HCS, karena kita fokus pada produk-produk HCS.

Intinya bagi anda yang punya peluang besar terlebih yang tinggal di pedesaan atau yang mempunyai lahan cukup segera manfaatkan untuk keperluan ternak domba atau kambing ini mengingat kotoran ataupun air kencingnya cukup banyak manfaatnya dan ada keterkaitannya dengan bercocok tanam.

Baiklah untuk membuat pakan lele apung ala HCS bahan-bahan yang di gunakan sebagai berikut :

  1. Kotoran ternak yang sudah menggunakan pola HCS 30%.
  2. Ampas tahu atau bungkil kedelai 15%.
  3. Tepung ikan atau jika tidak ada bisa menggunakan kepala udang 10%.
  4. Bekatul atau dedak halus 25 %.
  5. Terasi ( yang sudah di rebus hingga mendidih) 10%.
  6. Tepung daun atau bisa menggunkan sayuran sisa pasar 5%
  7. Bulu ayam yang sudah di haluskan 5%.
  8. SOC 5 tutup botol per 1 kwintalnya dan gula pasir kira-kira 10 sendok atau sesuaikan dengan jumlah bahan-bahannya.

Cara membuat :

  1. Larutkan SOC ke dalam air dan gula pasir diamkan selama 15 atau 30 menit. Lebih bagus lagi jika semalam sebelumnya kita sudah membuat larutan SOC + gula pasir maka akan semakin menghemat SOC nya.
  2. Gunakan alat semprot dan semprotkan ke semua bahan dan aduk-aduk hingga benar-benar merata.
  3. Jangan terlalu banyak air kira-kira 30% dalam keadaan mamel (jika di kepal terbentuk padatan dan tidak pecah jika di lepas kepalan tangan).
  4. Fermentasikan bahan tersebut hingga 24 jam dan pakan siap di berikan.
  5. Jika ingin di keringkan gunakan penggiling kacang atau daging dan jemur hingga benar-benar kering atau gunakan oven untuk mengeringkannya.
Sebaiknya cari informasi seluas-luasnya sebelum anda memulai usaha ternak lele ini. Semakin banyak referensi akan semakin baik sekalipun cara-cara membuat pakan lele ini di susun dari pengalaman dan juga referensi dari beberapa buku dan beberapa website, alangkah baiknya jika anda terjun langsung melakukannya. Karena kesuksesan anda akan anda raih jika anda melakukannya sendiri alias ACTION sekarang juga. GO SUCCESS.

Postingan populer dari blog ini

CARA TERNAK AYAM POTONG Ala HCS SKALA RUMAH TANGGA

MEMBUAT PAKAN AYAM ORGANIC POLA HCS UNTUK TERNAK RUMAHAN