MASIH DENGAN SOC HCS TANI TERNAK DENGAN METODE MICROBA MATRIX


Assalamu'alaikum wr wb,
Selamat beremu kembali sahabat tani ternak sekalian, kalau di lihat dari postingan terakhir dan postingan kali ini sudah tiga tahun ya saya tidak menulis tentang pertanian maupun peternakan. Mohon maaf karena kesibukan di bidang lain sehingga tidak sempat untuk update tulisan. Namun seyogyanya saya masih konsisten untuk terus berbagi ilmu dan pengalaman.

Beberapa minggu lalu saya di undang di sebuah peternakan yang di sana sudah ada sekitar dua puluhan domba. Ya domba-domba ini awalnya dari perkumpulan para peternak cilik yang tujuannya adalah melatih mereka untuk mencintai lingkungan terutama yang berhubungan dengan binatang ternak, dan kelak semoga bisa di arahkan untuk tujuan bisnis ketika meraka sudah dewasa bisa menjadi pengusaha ternak.

Pemanfaatan limbah pohon pisang dan limbah daun kacang tanah 
sebagai bahan fermentasi ala HCS

Konsep awalnya memang mau menggunakan pakan fermentasi namun ternyata ternaknya sudah siap, sementara pakan fermetasinya belum siap. Rencana awal mau menggunakna metode fermentasi yang memerlukan waktu sampai 1 bulan, Tentu saja memerlukan stok yang lumayan banyak, tempat yang luas dan modal yang cukup besar.

Akhirnya untuk sementara waktu di gunakanlah metode fermentasi ala HCS dengan menggunakan SOC. Fermentasi ala HCS ini tidak memerlukan waktu yang lama, juga tidak harus punya tempat yang luas dan juga tidak harus dengan modal yang besar.

Konsep dari HCS adalah Simbiosis mutualisme dimana beternak dengan menggunakan limbah pertanian dan bertani dengan menggunakan limbah peternakan. Maksudnya di sini untuk bahan pakan ternak kita menggunakan limbah sayuan atau limbah tanaman seperti pohon pisang, pohon kacang tanah jenis dedaunan selama tidak beracun bisa di buat pakan fermentasi.

Sebaiknya limbah dari peternakan berupa kotoran dan air seni kita olah kembali menjadi POC (Pupuk Organic Cair) dan kita buat pupuk Bokasi. Nah pembuatannyapun tidak memerlukan biaya yang mahal dan waktu yang relatif singkat. Untuk pembuatan POC nya dari air seni ternak kita tampung lalu kita cmpur dengan SOT dan pepaya yg sudah mulai busuk dan di tutup selama seminggu. Setelah proses fermentasi selesai air seni tersebut sudah berubah menjadi POC.

Demikian juga untuk membuat Bokasinya air kotoran ternak kita fermenasi kurang lebih 2 hari 2 malam dan pupuk bokasi sudah dapat di pergunakan. Simple bukan ?

Info lebih detail silahkan hubungi WA saya di 08159948806 atau klik link berikut :

Postingan populer dari blog ini

CARA TERNAK AYAM POTONG Ala HCS SKALA RUMAH TANGGA

PAKAN LELE APUNG ALA HCS

MEMBUAT PAKAN AYAM ORGANIC POLA HCS UNTUK TERNAK RUMAHAN